Lihat kemasan produk untuk mengetahui izin edar BPOM untuk memastikan keamanan produk skincare anda sudah lolos uji mikrobiologi skincare dari BPOM. 

Skincare terdaftar di BPOM 

BPOM merupakan badan yang menjadi filter bagi konsumen untuk menyatakan suatu produk aman serta tidak menggunakan bahan yang berbahaya. BPOM memiliki kaidah dan standar dalam mengecek takaran dan kandungan dalam produk sebelum dinyatakan aman untuk konsumen.  Jika sudah terbukti aman maka BPOM akan memberikan izin edar. 

Izin edar produk skincare biasanya tertulis dalam kemasan atau jika tidak ada, maka anda bisa cek melalui website resmi BPOM. Jika produk skincare yang anda pakai tidak terdaftar maka sebaiknya hentikan menggunakan produk tersebut. 

Ciri-Ciri Skincare Tidak Aman 

Selain tidak mengantongi izin dari BPOM, ciri lain dari produk skincare yang tidak aman sebagaimana dijelaskan berikut perlu anda ketahui. 

  • Memberikan hasil/efek dalam waktu singkat. Normalnya, produk skincare membutuhkan waktu berminggu hingga berbulan hingga memberikan efek ke kulit. Skincare yang memberi efek paling cepat adalah yang berfungsi melembabkan. Produk yang berfungsi untuk mencerahkan kulit atau mencegah penuaan membutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum hasilnya kelihatan. 
  • Membuat anda ketergantungan. Produk skincare yang digunakan memberikan efek yang bagus untuk anda? Hati-hati karena belum tentu aman. Banyak terjadi kasus dimana kulit justru menjadi rusak ketika konsumen berhenti menggunakan produk tersebut. 

Jika anda menggunakan produk tersebut lagi, dan kulit menjadi bagus kembali dan terjadi berulang maka bisa dipastikan kulit anda mengalami ketergantungan. Skincare yang bagus tidak membuat ketergantungan. 

  • Menimbulkan iritasi. Jika anda menggunakan produk skincare dan kemudian mengalami iritasi seperti bruntusan maka ada indikasi produk tersebut tidak sesuai dengan jenis kulit anda ataupun mengandung bahan yang tidak aman untuk digunakan. Skincare yang sudah lolos uji mikrobiologi skincare BPOM akan memiliki komposisi yang sesuai dengan takaran sehingga tidak akan menimbulkan efek samping seperti iritasi.

Jika anda merasakan efek di atas ketika menggunakan produk skincare maka baiknya hentikan penggunaan produk tersebut. 

leave a Comment