Pertumbuhan usaha pada bidang kosmetik mengalami peningkatan yang cukup baik. Brand lokal kini juga mulai banyak beredar dan masuk pasar nasional. Jika kamu juga salah satu orang yang tertarik dan ingin memulai usaha dalam bidang kosmetik. Berikut ini rincian biaya yang harus kamu persiapkan untuk maklon kosmetik.

Pembuatan Sampel Produk

Maklon kosmetik merupakan jasa pembuatan kosmetik mulai dari pembuatan sampel, pengetesan produk, perijinan hingga pemasaran. Adanya jasa maklon ini sangat membantu pelaku usaha untuk memproduksi brand kosmetik mereka sendiri tanpa memerlukan biaya mahal. Biaya maklon kosmetik dibagi menjadi beberapa rincian.

Tahap awal kamu harus mengeluarkan biaya untuk pembuatan sampel. Sebelum produk skincare kamu dibuat secara masa, kamu akan membahas dengan maklon mengenai formula dan bahan yang akan dimasukkan pada produk mu nantinya. Biaya untuk pembuatan sampel ini berkisar 1.3 juta hingga 1.5 juta rupiah. 

Untuk menekan biaya maklon kosmetik kamu bisa memilih jasa maklon yang menyediakan revisi pada saat pembuatan sampel. Sehingga jika nantinya ada revisi, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Biaya Perizinan

Skincare yang baik tentunya harus mengantongi perizinan yang sesuai dengan aturan pemerintah. Untuk itu, biaya maklon kosmetik juga meliputi beberapa biaya perijinan. Ada 3 biaya perijinan yang harus kamu keluarkan diantaranya adalah:

  1. BPOM

Untuk menjamin suatu produk skincare aman digunakan, maka perlu adanya No BPOM. Produksi kosmetik hanya bisa dilakukan setelah nomor BPOM didapatkan. Untuk biaya registrasi kosmetik BPOM ini berkisar 3 hingga 5 juta rupiah. 

  1. Halal MUI

Sama halnya dengan BPOM, sertifikasi halal MUI juga dapat menjadi jaminan bahwa produk skincare yang kamu buat benar – benar aman. Untuk biaya perizinan dan sertifikasi halal ini kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar 3 juta sampai dengan 5 juta rupiah.

  1. Merek dan Paten

Biaya perizinan selanjutnya yang harus dikeluarkan adalah biaya merek dan paten. Biaya untuk hak eksklusif merek Anda adalah sekitar 5 juta rupiah. Dengan mengantongi izin merek dan paten maka kamu memiliki hak sepenuhnya atas merek tersebut. 

Setelah semua biaya perijinan, masih ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Biaya maklon kosmetik berikutnya adalah biaya produksi. Biaya produksi yang perlu disiapkan adalah sekitar 50 hingga 100 juta rupiah. Tapi, biaya ini bukan menjadi patokan. Karena biaya produksi setiap kosmetik berbeda. Tergantung dari kandungan, jenis kosmetik yang diproduksi serta kualitas dan kuantitas barang nantinya. 

Jadi, jika kamu berniat membuka brand kosmetik kamu sendiri, maka pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan dana yang cukup. Biaya maklon setiap kosmetik berbeda –beda tergantung dari produsen pembuat maklon itu sendiri. 

leave a Comment